Iman Kepada Rasul Allah SWT

00.21 Edit This 0 Comments »
  A. Pengertian Iman Kepada Rasul Allah SWT
Rasul (            ) artinya utusan. Jadi, Rasul Allah berarti utusan Allah. Beriman kepada Rasul Allah maksudnya meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah mengangkat manusia yang dipilih-Nya untuk menjadi utusan yang wajib melaksanakan menyampaikan wahyu kepada umat manusia. Di antara sekian juta manusia sepanjang jaman, Allah SWT telah memilih dan menjadikan tidak kurang dari 120.000 Nabi, dan dari jumlah tersebut Allah memilih 25 nabi menjadi Rasul. Namun bagi umat Islam hanya 25 Nabi dan Rasul yang wajib diimani, dan dari 25 rasul tersebut Allah SWT memberikan gelar Rasul Ulul Azmi kepada 5 rasul
­­­­­­
B. Para Rasul dan Sifat-sifatnya
Seluruh rasul yang diutus oleh Allah SWT harus diimani oleh umat Islam. Jadi, umat Islam tidak hanya diperintahkan untuk beriman (meyakini) bahwa utusan Allah SWT hanya Nabi Muhammad s.a.w. saja, namun harus meyakini seluruh rasul yang jumlahnya sebanyak 25 rasul. Nama-nama Rasul sejumlah 25 yang wajib diimani oleh seluruh umat Islam tersebut adalah :
 

 Rasul-rasul tersebut memiliki sifat yang sangat terpuji dan terhindar dari sifat-sifat tercela. sIfat-sifat terpuji bagi para Rasul Allah disebut sifat wajib Rasul, sedangkan sifat-sifat tercela disebut mustahil ada pada diri para Rasul. Sifat wajib Rasul ada empat, demikian juga sifat mustahilnya. Kesemuanya terdapat pada kolom berikut :
 

 

Adapun tugas dari para rasul tersebut antara lain adalah
1.   Sebagai pembawa ajaran yang benar
Semua rasul bertugas untuk meluruskan ajaran salah (sesat) yang dipedomani umat manusia agar berpindah kepada ajaran yang benar. Setiap rasul selalu meluruskan, mengingatkan, dan mengajak umat yang menyembah kepada selain Allah SWT agar kembali menyembah kepada Allah SWT semata.
 2.   Menjelaskan tentang cara menyembah kepada Allah dengan cara yang benar.
Para rasul juga mengajarkan mengenai tata cara menye,ah kepada Allah SWT dengan benar sebagaimana petunjuk Allah SWT. Para rasul mempraktikkannya dan umatnya kemudian mengikutinya. Bagi umat Islam, cara menyembah Allah SWT adalah dengan salat sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah saw. Hadis Rasulullah saw. :
Artinya : “Salatlah kamu semua sebagaimana engkau melihat aku salat”
(HR.Bukhari dan Muslim)
 3.   Sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan
Manusia mempunyai kecenderungan untuk senantiasa berbuat baik dan ada kecenderungan berbuat jahat, ada yang taat dan ada yang ingkar kepada Allah SWT. Mengapa mereka ingkar ? Karena mereka dikuasai oleh nafsu dan menuruti godaan syaitan. Terhadap orang yang taat kepada Allah SWT para rasul memberikan  abar gembira bahwa di akhirat kelak akan dibalas dengan syurga Allah SWT yang penuh dengan kenikmatan. Sebaliknya, kepada orang-orang yang menuruti hawa nafsu dan mengikuti bujuk rayu syaitan akan dibalas dengan neraka yang penuh dengan penderitaan.
Firman Allah SWT :
Artinya : “Dan tidaklah Kami mengutus para Rasul itu melainkan untuk memberi kabar gembira dan peringatan. Barang siapa yang beriman dan mengadakan kebaikan, maka tidak ada kekhawatiran mereka dan tidak pula mereka bersedih hati” (QS. Al An’am : 48)
 4.   Membina akhlak (budi pekerti) yang mulia
Para rasul juga bertugas untuk membimbing umatnya agar berakhlak mulia. Akhlak mulia ini akan menjadikan kehidupan manusia di dunia menjadi harmonis, damai, aman, dan tentram. Nabi bersabda :
Artinya : “Dan tidaklah aku diutus melainkan untuk menyempurnakan akhlak yang
mulia” (HR. Bukhari dan Abu Dawud).

C. Rasul Ulul Azmi
Rasul Ulul Azmi merupakan gelar yang diberikan Allah SWT kepada para rasul yang mempunyai kesabaran luar biasa dalam membimbing, membina, dan mengajak kaumnya untuk taat kepada Allah SWT walupun cobaan dan rintangannya begitu besar. Dengan demikian disamping mempunyai 4 sifat wajib di atas, para rasul yang mendapat gelar ulul azmi juga mempunyai tingkat kesabaran, kegigihan, dan keuletan yang luar biasa. Adapun Firman Allah SWT dalam QS Al Ahqaf ayat 35 :
Artinya : Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul yang telah bersabar. (QS. Al Ahqaf : 35)
Para rasul yang mendapat gelar ulul azmi tersebut adalah :
􀁄 Nabi Nuh a.s.                 􀁄 Nabi Ibrahim a.s.                 􀁄 Nabi Musa a.s.
􀁄 Nabi Isa a.s.                  􀁄 Nabi Muhammad s.a.w

D. Fungsi Beriman Kepada Rasul Allah SWT
Fungsi dan manfaat beriman kepada rasul Allah SWT adalah sebagai berikut :
1.   Meneladani kehidupan para rasul yang taat kepada Allah SWT, penuh kesabaran, tabah, gigih, ulet, dan berakhlak mulia. Firman Allah SWT :
Artinya :” Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.". (QS. Ahzab :21 ).
2.   Mengetahui dan memahami antara yang kebenaran dan kebatilan, antara jalan lurus dan jalan yang sesat.
3.   Dapat mencontoh cara mengenal dan menyembah Allah dengan cara yang benar.
4.   Dapat memahami kehidupan umat-umat terdahulu, bahwa manusia yang ingkar akan mendapatkan azab dari Allah SWT dan umat yang taat akan mendapatkan ketenangan dan karunia.

0 komentar: